Mana Lebih Praktis Buat Credit HP: Kredivo atau AEON Fast

Yang nawarin credit hp tanpa dp mungkin udah banyak. Tapi, menurut saya yang layanannya oke masih bisa dihitung jari. Dibanding kredit gadget lain kayak laptop atau bahkan alat elektronik seperti TV atau kulkas, HP termasuk yang paling sering diburu dan dibeli dengan cicilan. Maklum, karena model dan teknologi pada HP terutama jenis smartphone cepet banget bergantinya bisa hanya dalam beberapa bulan. 

Yang sering ganti HP karena ngikutin model dan tren, mana nih suaranyaaa?

Di tambah di masa pandemi, di mana anak-anak harus belajar online dari rumah dan banyak orang yang masih harus WFH, kebutuhan akan gadget seperti HP dan laptop bisa jadi sangat melonjak tinggi. Adanya layanan credit hp tanpa dp dan gadget lainnya pastinya sangat membantu banyak orang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Apalagi seperti yang kita tau, nggak semua orang punya kartu kredit buat cicilan. 

Pertanyaannya, kalo mau cicilan HP atau gadget, kira-kira aplikasi atau layanan mana ya yang bagus dan layak buat dicoba dari sekian banyak pilihan? Saya pribadi kasih saran buat kamu buat coba Kredivo atau AEON Fast buat bahan pertimbangan lebih dulu. Karena kalo menurut saya, dua aplikasi fintech ini punya kualitas yang cukup oke dengan kelebihannya masing-masing. 

Sekilas tentang layanan credit di Kredivo dan AEON Fast

Kredivo

Secara singkat, Kredivo adalah aplikasi fintech yang menawarkan dua layanan utama: kredit barang secara online dan pinjaman tunai. Kredit online dengan Kredivo berlaku untuk minimum transaksi sebesar Rp 1 juta ke atas tanpa adanya dp. Jadi, kalo kalian mau credit hp tanpa dp pakai Kredivo ini bisa banget, asalkan pilih yang harganya Rp 1 juta ke atas. 

AEON Home

Sementara AEON Fast adalah salah satu produk pembiayaan dari AEON dalam bentuk aplikasi digital. Kategori barang yang bisa dicicil pakai AEON Fast adalah handphone, komputer atau laptop, alat elektronik, furnitur, dan alat olahraga. 

Baik aplikasi Kredivo maupun AEON Fast sama-sama bekerja dengan cara memberikan limit bagi pengguna yang terdaftar. Kredivo dapat memberikan limit maksimal sampai 30 juta khusus bagi pengguna premium, sedangkan AEON Fast memberi jumlah limit yang berbeda-beda pada setiap pengguna. 

Gambaran suku bunga, tenor, dan biaya admin credit di Kredivo dan AEON Fast

Poin kedua yang paling penting dari hal perkreditan adalah masalah suku bunga, tenor, dan biaya admin karena hal-hal inilah yang bakal jadi penentu utama besar kecilnya jumlah angsuran yang harus kita bayar. 

Di Kredivo, suku bunga untuk credit hp tanpa dp ataupun barang lainnya yang kamu butuhkan adalah sebesar 2,6% per bulan. Sementara tenor yang bisa kamu pilih adalah: 3, 6, atau 12 bulan. Tidak ada lagi biaya lain-lain yang menyertai credit dengan Kredivo. 

Di AEON Fast, ada suku bunga, biaya admin, dan juga uang muka (minimal 10%) yang akan menyertai cicilan. Tenor yang tersedia mulai dari 6 bulan sampai 24 bulan dengan minimum harga barang mulai Rp750.000 sampai Rp25.000.000. Pada website maupun aplikasi AEON Fast sejauh ini belum ditemukan informasi suku bunga dan biaya admin. Namun, ada fitur simulasi pada situs AEON yang bisa digunakan. 

Sebagai contoh: misalnya kita kredit barang dengan harga Rp2.250.000 dengan tenor 6 bulan dan uang muka sebesar Rp300.000. Pada fitur simulasi, jumlah angsuran yang muncul dengan skema tersebut adalah sebesar Rp416.000 per bulan (sudah termasuk biaya admin). Kalau tanpa uang muka, angsuran per bulannya jadi sebesar Rp475.000. 

Jika dikalikan 6 bulan, totalnya menjadi Rp2.496.000. Berarti, bunga dan biaya admin dari jumlah tersebut adalah Rp246.000 + uang muka Rp30.000 total menjadi Rp546.000. Kalo ditambahkan ke harga awal maka totalnya menjadi Rp2.250.000 + Rp546.000 yaitu Rp2.796.000. 

Sementara di Kredivo, kalo kita bandingkan dengan harga barang yang sama, yaitu Rp2.250.000, simulasinya menjadi: 

  1. Untuk tenor 3 bulan, angsurannya per bulan sebesar Rp808.510.
  2. Untuk tenor 6 bulan, angsurannya per bulan sebesar Rp433.500. 
  3. Untuk tenor 12 bulan, angsurannya per bulan sebesar Rp246.000. 

Simulasi di atas sudah termasuk suku bunga yang dikenakan Kredivo sebesar 2,6% per bulan. Untuk tenor 6 bulan, jika ditotal besaran pinjaman atau kreditnya menjadi Rp2.601.0000. Jumlah ini lebih rendah daripada yang ditawarkan AEON Fast pada simulasinya. 

Tempat credit yang available dengan Kredivo dan AEON Fast

Soal bunga dan hitungan sudah, lalu, di mana bisa pakai Kredivo dan AEON Fast untuk credit hp tanpa dp atau barang-barang lainnya?

Kredivo bisa digunakan di ratusan e-commerce dan merchant offline rekanannya seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, Electronic City, Erafone, dll. Sedangkan AEON Fast juga memiliki mitra yang kebanyakan merchant offline contohnya Erafone, Hartono, dan Giant Department Store. 

Terkait dengan merchant tersebut, kalo kamu mau pakai aplikasi AEON Fast, setelah registrasi dan punya limit, kamu perlu datang ke toko rekanan AEON. Temui sales AEON untuk pengajuan cicilan barang yang diinginkan, selesaikan transaksi dan bawa pulang barang.

Sementara kalo pakai Kredivo, kamu hanya tinggal bertransaksi layaknya belanja online biasanya di e-commerce rekanan Kredivo. Di bagian pembayaran, pilih cicilan tanpa kartu kredit dan verifikasi transaksi dengan login ke akunmu (pastikan juga limitmu cukup). Kalo bertransaksi di merchant offline seperti Erafone, kamu hanya perlu datang bawa HP yang ada aplikasi & akun Kredivo-nya, lalu sampaikan ke kasir bahwa kamu ingin bayar pakai Kredivo. Nantinya akan ada barcode yang bisa kamu scan langsung pakai fitur di aplikasi Kredivo untuk menyelesaikan transaksi. Lebih praktis, tanpa perlu isi data lagi lewat sales.

Syarat daftar Kredivo dan AEON Fast

Kredivo bisa digunakan bagi kamu yang: 

  1. Sudah berusia minimal 18 tahun atau maksimal 60 tahun. 
  2. Berpenghasilan minimal Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. 

Sementara aplikasi AEON Fast, bisa digunakan bagi kamu yang: 

  1. Memiliki kartu identitas (E-KTP).
  2. Memiliki smartphone Android dengan OS minimal Lollipop. 
  3. Memiliki koneksi internet lewat wi-fi atau paket data. 
  4. Berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Semarang, dan Surabaya. 

Dari perbedaan ini, yang mana nih yang paling sesuai dengan kondisimu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *