4 Manfaat Buah Belimbing

Belimbing atau nama latinnya Averrhoa carambola ini merupakan salah satu jenis buah yang sangat populer di iklim tropis. Dengan rasanya yang khas, manis dan menyegarkan membuat banyak orang yang menyukai buah belimbing ini. Namun, tahukah anda bahwa belimbing ini banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh? Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini akan coba membahas tentang 4 manfaat buah belimbing sebagai berikut :

  1. Dapat Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat belimbing yang pertama adalah dapat mengendalikan kadar gula darah. Hal ini disebabkan tingginya kandungan serat tidak larut air pada buah belimbing ini diklaim bisa menghambat penyerapan glukosa sehingga mampu menurunkan serta mencegah kenaikan kadar gula darah. Tentunya manfaat buah belimbing ini bisa membantu pada penderita diabetes guna mengendalilkan kadar gula darahnya. 

  1. Dapat Memperkuat Sistem Imunitas

Manfaat belimbing berikutnya adalah dapat memperkuat sistem imunitas. Ini disebabkan kandungan antioksidan yang tinggi pada buah belimbing ini sangat ampuh untuk melawan serangan radikal bebas di dalam tubuh. Selain itu, adanya kandungan antioksidan seperti mangan dan zinc, bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh.

  1. Dapat Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah belimbing selanjutnya adalah dapat menurunkan berat badan. Dalam hal ini, ada sebuah penelitian yang menunukkan bahwa dengan mengonsumsi belimbing ini bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan buah belimbing merupakan jenis buah yang rendah kalori serta memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa membuat anda merasa kenyang lebih lama.  

  1. Mengobati Sakit Maag

Manfaat lainnya yang bisa anda temukan pada buah belimbing ini adalah dapat mengobati sakit maag. Sehingga tidak aneh kalau buah belimbing sering digunakan sebagai pengobatan tradisional dalam mengobati gangguan pada lambung seperti sakit maag. Hal ini dikarenakan buah belimbing serta ekstrak daunnya memiliki sifat antiulkus karena mengandung flavonoid, terpenoid dan mucilage yang bisa memperkuat lapisan dalam lambung serta usus sehingga mampu menurunkan risiko terjadinya kerusakan lambung yang disebabkan oleh gastritis. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *