Kenali Gejala Penyakit Pneumonia!

Pneumonia merupakan sebuah kondisi peradangan pada salah satu atau kedua organ paru-paru, yang meyebabkan terjadinya penumpukan cairan berupa nanah dalam kantong udara kecil di paru-paru. Itu sebabnya, mengapa masalah pneumonia juga kerap dianggap penyakit paru-paru basah. 

Selain disebabkan karena infeksi virus, pneumonia pun bisa terjadi akibat adanya infeksi bakteri dan jamur. Jika ada benda asing (cairan / zat kimia) yang terhirup masuk ke dalam paru, maka seseorang akan mengalami pneumonia. Masalah pneumonia ini bisa memicu komplikasi yang serius, terlebih jika dialami oleh lansia di atas 65 tahun, atau anak-anak yang berusaia 2 tahun kebawah. 

Tak hanya itu, penyakit pneumonia juga kerap dialami oleh mereka yang memiliki system imun yang lemah. Lalu, seperti apakah ciri-ciri dari penyakit pneumonia? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini. 

* Gejala Pneumonia

1. Demam tinggi yang terkadang disertai menggigil

2. Batuk berdahak yang tidak kunjung mereda atau bahkan semakin memburuk

3. Kesulitan bernafas, bahkan saat melakukan aktivitas ringan

4. Rasa nyeri di area dada saat menarik nafas, atau ketika batuk

5. Batuk dan pilek yang berlangsung terus-menerus atau bahkan semakin memburuk

6. Linglung, kebingungan, dan mengalami perubahan perilaku (biasanya terjadi pada lansia di atas 65 tahun). 

* Penyebab Pneumonia

1. Bakteri

Menurut para medis, salah satu jenis bakteri yang kerap memicu masalah pneumonia ini adalah streptococcus pneumoniae. Pneumonia jenis tersebut biasanya terjadi setelah seseotang mengalami batuk dan pilek.

2. Virus

Pneumonia yang disebabkan oleh infeksi virus ini biasanya sering dialami oleh balita berusia 5 tahun ke bawah. Pada umumnya, jenis pneumonia tersebut tidak menimbulkan komplikasi yang serius. Kendati demikian, kita tetap tidak boleh menganggapnya sepele. 

3. Jamur

Biasanya, pneumonia akibat infeksi jamur ini sering terjadi pada mereka yang mengalami penyakit kronis atau memiliki system imun lemah. Infeksi bakteri tersebut dikarenakan paparan debu dari tanah atau kotoran hewan seperti burung. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *